cover
Contact Name
Rahmat Aziz
Contact Email
azira@uin-malang.ac.id
Phone
+62362-22928
Journal Mail Official
jppundiksha@gmail.com
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010" : 12 Documents clear
DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS I Made Kirna
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (61.429 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.120

Abstract

Tujuanpenelitian adalah mengkaji proposisi atau prinsip-prinsip pembelajaran pengembanganpemahaman konsep kimia bagi pemelajar pemula yang dilandaskan pada hakikat kajian kimia danhakikat sains. Dua model pembelajaran sinkronisasi makroskopis dan submikroskopismenggunakan pendekatan inkuiri (inkuiri terstruktur dan siklus belajar) diimplementasikan dandikomparasikan dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar kimia di SMP. Implemetasipembelajaran di atas juga mencermati pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektivitaspembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 6 Singaraja kelas VII tahun akademik 2009/2010 sebanyak 115 orang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Hasiluji ANOVA faktorial menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok model dangaya belajar verbal-visual terhadap skor pemahaman konsep kimia. Hasil uji juga menunjukkanada interaksi antara model dan gaya belajar verbal-visual. Elaborasi hasil penelitian menemukanenam proposisi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam merancang pembelajaran pengembanganpemahaman konsep bagi pemelajar kimia pemula.Kata-kata kunci: pendekatan inkuiri, pemahaman konsep, visualisasi, multimedia interaktif,gaya belajar.
PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA Dewi Oktofa Rachmawati
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.367 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.121

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar mahasiswa, meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa, dan mendeskripsikantanggapan mahasiswa terhadap model self-directed learning di kelas. Penelitian ini dilaksanakandi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha yang melibatkan 7 orang mahasiswa semestergenap tahun ajaran 2008/ 2009. Penelitian terdiri dari 2 siklus tindakan. Data hasil belajarmahasiswa dikumpulkan menggunakan tes dan kontrak belajar. Kemandirian belajar mahasiswadan tanggapan mahasiswa dikumpulkan dengan angket kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajarmahasiswa setelah diterapkan model self-directed learning. Selain itu, hasil penelitian jugamenunjukkan respon positif mahasiswa terhadap implementasi model self-directed learning.Kata-kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran mandiri, kemandirian belajar
GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL I Gusti Bagus Arjana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (49.889 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.122

Abstract

Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Lembaga Pendidikan dibentuk oleh beberapadisiplin ilmu, yakni: Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, sertaPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Geografi sebagai suatu disiplin ilmu secarakonseptual memiliki bidang kajian bumi sebagai ekosfer yang membentuk lingkungan hidup.Komunitas manusia memiliki karakter yang spesifik sebagai resultante dari hubungan kausalantara lingkungan fisiogeografi dan lingkungan sosiogeografi. Di sinilah dituntut peran Geografidalam mengkaji manusia sebagai bagian dari komunitas secara utuh dan menggali potensi modalsosialnya untuk dikembangkan dalam kehidupan masyarakat dan menjaga integrasi nasional.Menurunnya nasionalisme dan dekadensi cinta terhadap tanah air, diawali dengan hilangnyakesadaran terhadap pentingnya landasan sejarah, geografi dan kultural yang menyatukanpengalaman bersama sebagai warga bangsa Indonesia. Modal sosial dapat dikembangkan denganjalan meningkatkan kesadaran geografis, melalui pemahaman yang lebih baik terhadap berbagaifenomena, dan melalui pembelajaran Geografi, yang mengkaji secara utuh lingkungan fisiogeografidan lingkungan sosiogeografi.Kata-kata kunci: pembelajaran geografi, ilmu pengetahuan sosial, modal sosial
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN I Nyoman Sukarta, I Ketut Sudiana, I Dewa Ketut Sastrawidana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (75.382 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.123

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapanpendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Kimia danPencemaran Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan KimiaFMIPA Universitas Pendidikan Ganesha tahun akademik 2005/2006 yang berjumlah 12 orang.Objek penelitian ini adalah persiapan belajar mahasiswa, aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran,dan hasil belajar mahasiswa pada model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif padapembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarmahasiswa.Kata-kata kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kimia,pencemaran lingkungan
PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE Komang Setemen
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (226.519 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.124

Abstract

Evaluasi merupakan bagian yangamat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi manual dengan instrumen evaluasi tercetakmemiliki beberapa kelemahan antara lain: (1) memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyakuntuk memproduksi instrumen, (2) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk prosespengskoran dan pengolahan skor, (3) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk pemberianumpan balik kepada responden, dan (4) secara psikologis evaluasi manual sering menimbulkankecemasan pada peserta tes. Kondisi di atas sangat mendesak untuk diatasi. Suatu mekanismeevaluasi perlu diciptakan untuk menanggulangi kelemahan-kelemahan di atas. Pada kesempatanini, dicoba dikaji evaluasi online. Fasilitas hiperteks yang dimiliki internet/intranet dilengkapidengan sistem basis data yang dinamis dicoba dimanfaatkan sebagai fasilitas pendukung evaluasionline. Evaluasi online diharapkan mampu memberikan hasil evaluasi secara tepat dan cepat.Penelitian ini merupakan pembangunan perangkat lunak (software) dengan sasaran akhirterbangunnya sebuah perangkat lunak berupa web untuk mendukung evaluasi online. Selanjutnya,sistem yang terbentuk diuji dalam kelompok kecil mahasiswa jurusan Manajemen InformatikaUndiksha. Sistem evaluasi on-line ini telah berhasil mengembangkan rancang bangun besertaimplementasinya. Fungsi-fungsi yang bisa diakomodasi oleh sistem ini adalah mengelola datamahasiswa, mengelola data soal ujian, mengatur beberapa setting yang diperlukan. Sistem evaluasion-line ini diuji dalam kelompok kecil mahasiswa dan diperoleh hasil bahwa evaluasi online inicenderung diterima baik oleh mahasiswa.Kata-kata kunci: evaluasi pembelajaran, evaluasi online, prototyping, web.
PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA I Made Gunamantha
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (56.019 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.125

Abstract

Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untukPembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilakululusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat padaumumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Tulisan ini menekankanpada subjek peran pendidikan tinggi dalam menghasilkan professional yang dapat memimpinperubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, ada tiga pertanyaanyang diajukan dalam tulisan ini yaitu: (1) mengapa mahasiswa perlu dibekali pengetahuandan pemahaman tentang pembangunan berkelanjutan?; (2) kompetensi apa dalam wilayah pengetahuandan pemahaman, keterampilan dan kemampuan serta sikap yang harus diberikan oleh pihakperguruan tinggi dalam menunjang upaya berkelanjutan?; (3) bagaimana perguruan tinggi harusmelakukan reorientasi kurikulum untuk menunjang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?Kata-kata kunci: pendidikan tinggi, pembangunan berkelanjutan, reorientasi kurikulum
PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN Luh Putu Artini
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.052 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.126

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dengan menerapkanmodifikasi metode ceramah (lecture) dalam perkuliahan Teaching English as a Foreign Language(TEFL) yaitu perkuliahan dipandu oleh panitia kuliah (Lecturing Committee) yang terdiri dari dosendan sejumlah mahasiswa. Dosen mengantarkan perkuliahan secara umum dan masing-masinganggota panitia mendapat bagian untuk menjelaskan secara terfokus dengan simulasi contohcontohyang riil untuk setiap konsep-konsep yang disampaikan. Metode ini berhasil membangunatmosfir baru dalam perkuliahan dimana setiap mahasiswa merasa termotivasi untuk mendengardan berpartisipasi dalam perkuliahan. Apalagi pada akhir setiap perkuliahan, panitia memberikankuis tentang materi yang telah disampaikan sehingga setiap mahasiswa mengembangkan strategibelajar mandiri sebelum perkuliahan berlangsung. Ini berdampak pada peningkatan hasil belajarpada mata kuliah TEFL tersebut.Kata-kata kunci: metode lecturing committee, kualitas perkuliahan, teaching English as aForeign Language
PEMANFAATAN TOPIK-TOPIK KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN BERBICARA 2 Sang Ayu Putu Sriasih
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (63.474 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.127

Abstract

Penelitian dengan latar mahasiswa semester II dalam perkuliahan Berbicara 2bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan topik-topik kontroversial dapat meningkatkan mutuperkuliahan Berbicara 2. Dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas, pemanfaatantopik-topik kontroversial dalam mata kuliah Berbicara 2 dapat meningkatkan mutu perkuliahan.Dalam arti, ada peningkatan partisipasi mahasiswa, kelancaran, dan peningkatan emosi sertasemangat dalam berbicara. Mahasiswa lebih tertarik pada topik-topik kontroversial dibandingkandengan topik nonkontroversial. Mahasiswa juga memberikan respon yang positif terhadappemanfaatan topik-topik kontroversial. Oleh karena itu, pemanfaatan topik-topik kontroversialdalam perkuliahan Berbicara 2 perlu diteruskan dan dikembangkan.Kata-kata kunci: topik kontroversial, keterampilan berbicara, aktivitas mahasiswa
MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS Ni Made Sri Mertasari
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.921 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.128

Abstract

Modul web dengan pola insentif untuk perkuliahan bilingual padamahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI telah diimplementasikan dalam wujud paket perangkatlunak pembelajaran dan sudah dipasang di portal web. Upaya ini dilakukan untukmeningkatkan pengu-asaan mahasiswa di bidang materi perkuliahan matematika yang disajikandalam bahasa Inggris. Insentif yang lebih tinggi diberikan kepada mahasiswa yang dapatmenuntaskan materi dalam sekali kerja daripada mahasiswa yang menuntaskan materi dalam duakali kerja. Begitu seterusnya, dan apabila dalam batas waktu tertentu mahasiswa tidak mampumenuntaskan materi, maka sistem akan menyajikan materi dalam bahasa Indonesia. Pola insentifdiyakini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.Karakteristik modul web dan pembelajaran bermedia komputer seperti menjamin kontrolmahasiswa, fleksibel, bebas konteks, dan relatif bebas konvensi sosial diharapkan memilikipegaruh yang kuat untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa. Sekalipun modul webini belum diujicoba, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menerapkan modul web ini,paling tidak sebagai media pembelajaran alternatif. Kekurangan dosen dan kekurangan saranaserta biaya paling tidak dapat dibantu oleh modul web yang dikembangkan ini untuk pembelajaransuplemen.Kata-kata kunci: modul web, pola insentif, bilingual
MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA Muh. Rais
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (142.738 KB) | DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.129

Abstract

Penelitian ini merupakan kegiatan pasca pengembangan, yaitu uji efektivitaspenerapan Project Based Learning (PBL) dalam rangka meningkatkan prestasi akademikmahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapanakademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester Vjurusan Teknik Mesin UNM. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimen danmenggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL yangdikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran modelPBL, dan format lembar kerja mahasiswa yang telah memenuhi kriteria keberterimaan, yangmeliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan dan (2) terdapat perbedaan skor rata–ratapretest dan posttest untuk pengetahuan perancangan mesin. Rata-rata skor pretest adalah 62,3 danskor posttest adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai rata-rata skor ini menunjukkan peningkatanyang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis projek, prestasi akademik, perancangan mesin

Page 1 of 2 | Total Record : 12


Filter by Year

2010 2010


Filter By Issues
All Issue Vol 56 No 2 (2023): July Vol 56 No 1 (2023): APRIL Vol 55 No 3 (2022): OCTOBER 2022 Vol 55 No 1 (2022): APRIL 2022 Vol 55 No 2 (2022): JULY Vol 55, No 1 (2022) Vol 54, No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54 No 3 (2021): OCTOBER 2021 Vol 54, No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 2 (2021): JULY 2021 Vol 54 No 1 (2021): April 2021 Vol 54, No 1 (2021): April 2021 Vol 53, No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53 No 3 (2020): OCTOBER 2020 Vol 53 No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 2 (2020): JULY 2020 Vol 53, No 1 (2020): April 2020 Vol 53 No 1 (2020): April 2020 Vol 52 No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 3 (2019): OCTOBER 2019 Vol 52, No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 2 (2019): JULY 2019 Vol 52 No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 52, No 1 (2019): APRIL 2019 Vol 51, No 3 (2018): October 2018 Vol 51 No 3 (2018): October 2018 Vol 51, No 2 (2018): July 2018 Vol 51 No 2 (2018): July 2018 Vol 51, No 1 (2018): April 2018 Vol 51 No 1 (2018): April 2018 Vol 50 No 3 (2017): October 2017 Vol 50, No 3 (2017): October 2017 Vol 50 No 2 (2017): July 2017 Vol 50, No 2 (2017): July 2017 Vol 50, No 1 (2017): April 2017 Vol 50 No 1 (2017): April 2017 Vol 49, No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49 No 3 (2016): Oktober 2016 Vol 49, No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 2 (2016): Juli 2016 Vol 49 No 1 (2016): April, 2016 Vol 49, No 1 (2016): April, 2016 Vol 48 No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 48, No 1-3 (2015): April, 2015 Vol 47 No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47 No 1 (2014): April, 2014 Vol 47, No 2-3 (2014): Oktober, 2014 Vol 47, No 1 (2014): April, 2014 Vol 46 No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 3 (2013): Oktober, 2013 Vol 46, No 1 (2013): April, 2013 Vol 46 No 1 (2013): April, 2013 Vol 45 No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 46 No 2 Juli (2013) Vol 46, No 2 Juli (2013) Vol 45, No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45 No 3 (2012): Oktober, 2012 Vol 45, No 2 (2012): Juli, 2012 Vol 45, No 1 (2012): April, 2012 Vol 45 No 1 (2012): April, 2012 Vol 44 No 1 (2011): April 2011 Vol 44, No 1 (2011): April 2011 Vol 43, No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010 Vol 43 No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 2 (2010): Juli, 2010 Vol 43, No 1 (2010): April 2010 Vol 43 No 1 (2010): April 2010 Vol 42 No 3 Okt (2009) Vol 42, No 3 Okt (2009) Vol 42 No 2 Jul (2009) Vol 42, No 2 Jul (2009) Vol 42, No 1 Apr (2009) Vol 42 No 1 Apr (2009) Vol 41, No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41 No 4 (2008): Edisi Khusus 2008 Vol 41, No 1 (2008): April 2008 Vol 41 No 1 (2008): April 2008 More Issue