Jurnal Pendidikan dan Pengajaran
JPP publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication includes the following topics: Early childhood education. Adult education Mathematics and science education. Guidance and counseling education. Educational technology. Character education. Special needs education. Global issues in education Technical and vocational education. Language education. Social science education Educational management Sport science and physical education Other areas in education.
Articles
12 Documents
Search results for
, issue
"Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010"
:
12 Documents
clear
DETERMINASI PROPOSISI PEMBELAJARAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA MELALUI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SINKRONISASI KAJIAN MAKROSKOPIS DAN SUBMIKROSKOPIS
I Made Kirna
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (61.429 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.120
Tujuanpenelitian adalah mengkaji proposisi atau prinsip-prinsip pembelajaran pengembanganpemahaman konsep kimia bagi pemelajar pemula yang dilandaskan pada hakikat kajian kimia danhakikat sains. Dua model pembelajaran sinkronisasi makroskopis dan submikroskopismenggunakan pendekatan inkuiri (inkuiri terstruktur dan siklus belajar) diimplementasikan dandikomparasikan dengan pembelajaran konvensional pada kompetensi dasar kimia di SMP. Implemetasipembelajaran di atas juga mencermati pengaruh gaya belajar siswa terhadap efektivitaspembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa SMPN 6 Singaraja kelas VII tahun akademik 2009/2010 sebanyak 115 orang. Objek penelitian adalah aktivitas siswa dan pemahaman konsep. Hasiluji ANOVA faktorial menunjukkan ada perbedaan yang signifikan antara kelompok model dangaya belajar verbal-visual terhadap skor pemahaman konsep kimia. Hasil uji juga menunjukkanada interaksi antara model dan gaya belajar verbal-visual. Elaborasi hasil penelitian menemukanenam proposisi yang dapat digunakan sebagai pertimbangan dalam merancang pembelajaran pengembanganpemahaman konsep bagi pemelajar kimia pemula.Kata-kata kunci: pendekatan inkuiri, pemahaman konsep, visualisasi, multimedia interaktif,gaya belajar.
PENERAPAN MODEL SELF-DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA
Dewi Oktofa Rachmawati
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (73.367 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.121
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkanhasil belajar mahasiswa, meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa, dan mendeskripsikantanggapan mahasiswa terhadap model self-directed learning di kelas. Penelitian ini dilaksanakandi Jurusan Pendidikan Fisika FMIPA Undiksha yang melibatkan 7 orang mahasiswa semestergenap tahun ajaran 2008/ 2009. Penelitian terdiri dari 2 siklus tindakan. Data hasil belajarmahasiswa dikumpulkan menggunakan tes dan kontrak belajar. Kemandirian belajar mahasiswadan tanggapan mahasiswa dikumpulkan dengan angket kuisioner. Data dianalisis secara deskriptif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar dan kemandirian belajarmahasiswa setelah diterapkan model self-directed learning. Selain itu, hasil penelitian jugamenunjukkan respon positif mahasiswa terhadap implementasi model self-directed learning.Kata-kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran mandiri, kemandirian belajar
GEOGRAFI DALAM ILMU PENGETAHUAN SOSIAL UNTUK MENGEMBANGKAN MODAL SOSIAL
I Gusti Bagus Arjana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (49.889 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.122
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Lembaga Pendidikan dibentuk oleh beberapadisiplin ilmu, yakni: Pendidikan Geografi, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Ekonomi, sertaPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN). Geografi sebagai suatu disiplin ilmu secarakonseptual memiliki bidang kajian bumi sebagai ekosfer yang membentuk lingkungan hidup.Komunitas manusia memiliki karakter yang spesifik sebagai resultante dari hubungan kausalantara lingkungan fisiogeografi dan lingkungan sosiogeografi. Di sinilah dituntut peran Geografidalam mengkaji manusia sebagai bagian dari komunitas secara utuh dan menggali potensi modalsosialnya untuk dikembangkan dalam kehidupan masyarakat dan menjaga integrasi nasional.Menurunnya nasionalisme dan dekadensi cinta terhadap tanah air, diawali dengan hilangnyakesadaran terhadap pentingnya landasan sejarah, geografi dan kultural yang menyatukanpengalaman bersama sebagai warga bangsa Indonesia. Modal sosial dapat dikembangkan denganjalan meningkatkan kesadaran geografis, melalui pemahaman yang lebih baik terhadap berbagaifenomena, dan melalui pembelajaran Geografi, yang mengkaji secara utuh lingkungan fisiogeografidan lingkungan sosiogeografi.Kata-kata kunci: pembelajaran geografi, ilmu pengetahuan sosial, modal sosial
PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATIF PADA PEMBELAJARAN KIMIA DAN PENCEMARAN LINGKUNGAN
I Nyoman Sukarta, I Ketut Sudiana, I Dewa Ketut Sastrawidana
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (75.382 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.123
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas(PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mahasiswa melalui penerapanpendekatan kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif pada pembelajaran Kimia danPencemaran Lingkungan. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan KimiaFMIPA Universitas Pendidikan Ganesha tahun akademik 2005/2006 yang berjumlah 12 orang.Objek penelitian ini adalah persiapan belajar mahasiswa, aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran,dan hasil belajar mahasiswa pada model pembelajaran yang diterapkan. Hasil penelitian ini menunjukkanbahwa penerapan pembelajaran kontekstual dengan model pembelajaran kooperatif padapembelajaran Kimia dan Pencemaran Lingkungan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajarmahasiswa.Kata-kata kunci: pendekatan kontekstual, pembelajaran kooperatif, pembelajaran kimia,pencemaran lingkungan
PENGEMBANGAN EVALUASI PEMBELAJARAN ONLINE
Komang Setemen
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (226.519 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.124
Evaluasi merupakan bagian yangamat penting dalam proses pembelajaran. Evaluasi manual dengan instrumen evaluasi tercetakmemiliki beberapa kelemahan antara lain: (1) memerlukan waktu dan biaya yang cukup banyakuntuk memproduksi instrumen, (2) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk prosespengskoran dan pengolahan skor, (3) memerlukan waktu yang cukup banyak untuk pemberianumpan balik kepada responden, dan (4) secara psikologis evaluasi manual sering menimbulkankecemasan pada peserta tes. Kondisi di atas sangat mendesak untuk diatasi. Suatu mekanismeevaluasi perlu diciptakan untuk menanggulangi kelemahan-kelemahan di atas. Pada kesempatanini, dicoba dikaji evaluasi online. Fasilitas hiperteks yang dimiliki internet/intranet dilengkapidengan sistem basis data yang dinamis dicoba dimanfaatkan sebagai fasilitas pendukung evaluasionline. Evaluasi online diharapkan mampu memberikan hasil evaluasi secara tepat dan cepat.Penelitian ini merupakan pembangunan perangkat lunak (software) dengan sasaran akhirterbangunnya sebuah perangkat lunak berupa web untuk mendukung evaluasi online. Selanjutnya,sistem yang terbentuk diuji dalam kelompok kecil mahasiswa jurusan Manajemen InformatikaUndiksha. Sistem evaluasi on-line ini telah berhasil mengembangkan rancang bangun besertaimplementasinya. Fungsi-fungsi yang bisa diakomodasi oleh sistem ini adalah mengelola datamahasiswa, mengelola data soal ujian, mengatur beberapa setting yang diperlukan. Sistem evaluasion-line ini diuji dalam kelompok kecil mahasiswa dan diperoleh hasil bahwa evaluasi online inicenderung diterima baik oleh mahasiswa.Kata-kata kunci: evaluasi pembelajaran, evaluasi online, prototyping, web.
PENDIDIKAN UNTUK PEMBANGUNAN BERKELANJUTAN: MENGAPA, APA DAN BAGAIMANA
I Made Gunamantha
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (56.019 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.125
Pendidikan adalah hal yang mendasar untuk mencapai tujuan berkelanjutan. Pendidikan untukPembangunan Berkelanjutan (PUPB) diharapkan dapat membantu perubahan sikap dan perilakululusan baik sebagai individu, profesional, atau konsumen, produsen, dan masyarakat padaumumnya untuk melakukan tanggung jawab dan tugas-tugas kolektifnya. Tulisan ini menekankanpada subjek peran pendidikan tinggi dalam menghasilkan professional yang dapat memimpinperubahan ke arah masa depan yang lebih berkelanjutan. Untuk tujuan tersebut, ada tiga pertanyaanyang diajukan dalam tulisan ini yaitu: (1) mengapa mahasiswa perlu dibekali pengetahuandan pemahaman tentang pembangunan berkelanjutan?; (2) kompetensi apa dalam wilayah pengetahuandan pemahaman, keterampilan dan kemampuan serta sikap yang harus diberikan oleh pihakperguruan tinggi dalam menunjang upaya berkelanjutan?; (3) bagaimana perguruan tinggi harusmelakukan reorientasi kurikulum untuk menunjang pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan?Kata-kata kunci: pendidikan tinggi, pembangunan berkelanjutan, reorientasi kurikulum
PEMANFAATAN METODE LECTURING COMMITTEE DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PERKULIAHAN
Luh Putu Artini
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (63.052 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.126
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas perkuliahan dengan menerapkanmodifikasi metode ceramah (lecture) dalam perkuliahan Teaching English as a Foreign Language(TEFL) yaitu perkuliahan dipandu oleh panitia kuliah (Lecturing Committee) yang terdiri dari dosendan sejumlah mahasiswa. Dosen mengantarkan perkuliahan secara umum dan masing-masinganggota panitia mendapat bagian untuk menjelaskan secara terfokus dengan simulasi contohcontohyang riil untuk setiap konsep-konsep yang disampaikan. Metode ini berhasil membangunatmosfir baru dalam perkuliahan dimana setiap mahasiswa merasa termotivasi untuk mendengardan berpartisipasi dalam perkuliahan. Apalagi pada akhir setiap perkuliahan, panitia memberikankuis tentang materi yang telah disampaikan sehingga setiap mahasiswa mengembangkan strategibelajar mandiri sebelum perkuliahan berlangsung. Ini berdampak pada peningkatan hasil belajarpada mata kuliah TEFL tersebut.Kata-kata kunci: metode lecturing committee, kualitas perkuliahan, teaching English as aForeign Language
PEMANFAATAN TOPIK-TOPIK KONTROVERSIAL UNTUK MENINGKATKAN MUTU PERKULIAHAN BERBICARA 2
Sang Ayu Putu Sriasih
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (63.474 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.127
Penelitian dengan latar mahasiswa semester II dalam perkuliahan Berbicara 2bertujuan mengetahui apakah pemanfaatan topik-topik kontroversial dapat meningkatkan mutuperkuliahan Berbicara 2. Dengan menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas, pemanfaatantopik-topik kontroversial dalam mata kuliah Berbicara 2 dapat meningkatkan mutu perkuliahan.Dalam arti, ada peningkatan partisipasi mahasiswa, kelancaran, dan peningkatan emosi sertasemangat dalam berbicara. Mahasiswa lebih tertarik pada topik-topik kontroversial dibandingkandengan topik nonkontroversial. Mahasiswa juga memberikan respon yang positif terhadappemanfaatan topik-topik kontroversial. Oleh karena itu, pemanfaatan topik-topik kontroversialdalam perkuliahan Berbicara 2 perlu diteruskan dan dikembangkan.Kata-kata kunci: topik kontroversial, keterampilan berbicara, aktivitas mahasiswa
MODUL WEB DENGAN POLA INSENTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAHAMI MATERI BERBAHASA INGGRIS
Ni Made Sri Mertasari
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (247.921 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.128
Modul web dengan pola insentif untuk perkuliahan bilingual padamahasiswa Jurusan Pendidikan Matematika RKBI telah diimplementasikan dalam wujud paket perangkatlunak pembelajaran dan sudah dipasang di portal web. Upaya ini dilakukan untukmeningkatkan pengu-asaan mahasiswa di bidang materi perkuliahan matematika yang disajikandalam bahasa Inggris. Insentif yang lebih tinggi diberikan kepada mahasiswa yang dapatmenuntaskan materi dalam sekali kerja daripada mahasiswa yang menuntaskan materi dalam duakali kerja. Begitu seterusnya, dan apabila dalam batas waktu tertentu mahasiswa tidak mampumenuntaskan materi, maka sistem akan menyajikan materi dalam bahasa Indonesia. Pola insentifdiyakini dapat membangkitkan motivasi mahasiswa dan meningkatkan kreativitas mahasiswa.Karakteristik modul web dan pembelajaran bermedia komputer seperti menjamin kontrolmahasiswa, fleksibel, bebas konteks, dan relatif bebas konvensi sosial diharapkan memilikipegaruh yang kuat untuk meningkatkan motivasi dan kreativitas mahasiswa. Sekalipun modul webini belum diujicoba, disarankan kepada para dosen untuk mencoba menerapkan modul web ini,paling tidak sebagai media pembelajaran alternatif. Kekurangan dosen dan kekurangan saranaserta biaya paling tidak dapat dibantu oleh modul web yang dikembangkan ini untuk pembelajaransuplemen.Kata-kata kunci: modul web, pola insentif, bilingual
MODEL PROJECT BASED-LEARNING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA
Muh. Rais
Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Vol 43 No 3 (2010): Oktober 2010
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (142.738 KB)
|
DOI: 10.23887/jppundiksha.v43i3.129
Penelitian ini merupakan kegiatan pasca pengembangan, yaitu uji efektivitaspenerapan Project Based Learning (PBL) dalam rangka meningkatkan prestasi akademikmahasiswa. Tujuannya adalah untuk melihat prestasi belajar mahasiswa yang meliputi kecakapanakademik dan kecakapan motorik. Penelitian ini menggunakan 30 orang mahasiswa semester Vjurusan Teknik Mesin UNM. Penelitian ini menggunakan rancangan pra-eksperimen danmenggunakan analisis komparatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model PBL yangdikembangkan memuat materi pembelajaran, skenario pembelajaran, panduan pembelajaran modelPBL, dan format lembar kerja mahasiswa yang telah memenuhi kriteria keberterimaan, yangmeliputi aspek: kegunaan, ketepatan dan kelayakan dan (2) terdapat perbedaan skor rata–ratapretest dan posttest untuk pengetahuan perancangan mesin. Rata-rata skor pretest adalah 62,3 danskor posttest adalah sebesar 81,58. Perbedaan nilai rata-rata skor ini menunjukkan peningkatanyang cukup signifikan dalam hal prestasi akademik mahasiswa.Kata-kata kunci: pembelajaran berbasis projek, prestasi akademik, perancangan mesin